Artikel

Peran Leasing dalam Perkembangan Perusahaan

posted on 25 August 2015, Written by Manager PT. SG finance

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia menuntut setiap perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan. Kondisi ini mau tidak mau mendorong para pemilik perusahaan untuk terus mengoptimalkan penggunaan aktiva selama proses produksi berlangsung.

Aktiva yang berwujud barang operasional selama proses produksi berlangsung tidak selamanya bersifat kondusif. Pesatnya era informasi seringkali menyusutkan kualitas aktiva tersebut dan berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan. Permasalahan ini akan mempengaruhi pelayanan konsumen serta arus kas perusahaan apabila tidak segera ditangani.

Salah satu alternatif solusi yang kerap dipilih pemilik perusahaan ialah melakukan kegiataan pembiayaan. Sayangnya, kegiataan pembiayaan yang difasilitasi sektor perbankan seringkali memberatkan pihak pemilik perusahaan dengan besarnya jaminan yang dibebankan maupun persayaratan yang dianggap rumit.

Alternatif kegiataan pembiayaan lainnya, perusahaan mulai melirik lembaga pembiayaan sewa guna usaha (leasing). Leasing sebagai kegiataan pembiayaan dalam penyediaan barang modal kebutuhan pelanggan dalam jangka waktu tertentu, mulai diperhitungkan oleh perusahaan yang memiliki sedikit dana namun ingin meningkatkan kualitas aktiva produksi. Pihak perusahaan yang bertindak sebagai pelanggan (lessee) dapat membayar tagihan sewa pada perusahaan pembiayaan (lessor) secara angsuran sehingga tidak terlalu mempengaruhi alur kas perusahaan. Hal ini tentu menguntungkan perusahaan yang masih dalam tahap berkembang maupun perusahaan maju yang ingin menambah aktiva produksi dengan dana minim.

Keuntungan lainnya, perusahaan pelanggan (lessee) dapat memperoleh pembiayaan dana tunai dari lessor. Proses ini mempermudah lessee untuk segera mendapatkan barang modal dan segera memanfaatkannya untuk operasional produksi. Selain itu, dengan kegiataan pembiayaan leasing, lessee juga dapat mengurangi beban pajak perusahaan untuk aktiva produksi. Hak opsi kepemilikan barang modal juga dapat dipilih setelah lessee menyelesaikan transaksi leasing.

More Stories:

News

INKLUSI KEUANGAN

31 October 2016 readmore

Share This

Sebarkan artikel ini dengan komunitas anda!