Artikel

Peran Perusahaan Pembiayaan pada UMKM

posted on 04 June 2014, Written by developerSGFI

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan salah satu pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Saat krisis moneter menimpa Indonesia pada tahun 1998 silam, usaha kelas menengah ke bawah tergolong usaha yang mampu bertahan dibandingkan dengan perusahaan besar yang modalnya bergantung pada perubahan kurs dollar.

Fluktuasi nilai tukar rupiah terbukti tidak turut menghantam sekaligus perekonomian kelas menengah ke bawah. Sumber modal UMKM tersebut sebagian besar berasal dari kantong pribadi dan minim suntikan dana dari luar. Usaha yang mereka kelola memang bersifat harian, namun cenderung stabil dari segi pendapatan. Hal ini yang menegaskan bahwa UMKM memiliki peran yang cukup penting dalam mengurangi jumlah pengangguran serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia secara nyata.

Namun, tidak semua UMKM berada dalam kondisi ideal seperti yang diharapkan. Salah satu masalah yang kerap dihadapi ialah terbatasnya sumber modal, sehingga perkembangan UMKM biasanya tidak signifikan dalam bilangan tahun. Sebelum diberlakukannya UU tentang Bank Indonesia No. 23 tahun 1999 lantas diubah dengan UU No.03 tahun 2004, tentang kebijakan Bank Indonesia dalam membantu keuangan UMKM dengna kredit likuiditas bank indonesia (KLBI). Namun sayangnya kebijakan tersebut berganti haluan dengan peran Bank Indonesia hanya sebatas memberi bantuan tehnis. Maka pengelihan bantuan diarahkan pada sektor perbankan.

Faktanya, bagi UMKM, terutama yang sedang dalam tahap awal perintisan, sektor perbankan merupakan sumber modal dengan resiko tinggi dan persyaratan yang rumit. Hal ini seringkali menciutkan langkah mereka untuk mengajukan pinjaman modal. Maka, di kondisi inilah SG Finance sebagai lembaga pembiayaan berperan menawarkan alternatif solusi mendanai pengadaan barang modal. Bantuan yang kami berikan bisa dalam bentuk pelayananan leasing maupun consumer finance.

Sebagai lembaga pembiayaan yang selalu memberikan solusi pada setiap “Mitra” kami, SG Finance dapat memberikan pendanaan. Hal ini dapat membantu UMKM untuk meningkatkan arus kas usaha mereka secara perlahan, sampai mencapai tahap profesional.

More Stories:

Share This

Sebarkan artikel ini dengan komunitas anda!